Inilah 5 Penyebab Rasa Cemas Atau Overthinking Dan Cara Mengatasinya

Tapi biasanya ada beberapa penyebab yang cukup umum terjadi, dan penyebab umum ini butuh penanganan yang berbeda-beda

  Mengatasi rasa cemas berlebihan

Penyebab Rasa Cemas

Kami yakin, anda yang mengunjungi artikel ini pernah setidaknya sekali seumur hidup mengalami perasaan cemas berlebihan, dari yang tubuhnya tiba-tiba tegang, tiba-tiba panik atau bahkan sempat merasa panik, dan pastinya ada beberapa alasan kenapa seseorang bisa merasakan rasa cemas.

Tapi biasanya ada beberapa penyebab yang cukup umum terjadi, dan penyebab umum ini butuh penanganan yang berbeda-beda, berikut ini kami   rangkum 5 penyebab dan cara mengatasi rasa cemas maupun overthinking.

Penyebab Rasa Cemas Dan Overthinking Dan Cara Mengatasinya

1. Stress

Sumber stres sehari-hari seperti terjebak macet saat akan berangkat ke kantor ataupun telat bangun untuk pergi kuliah biasanya rentan membuat seseorang menjadi cemas, tapi jika stress nya sudah sering muncul dan bertahan lama bisa membuat rasa cemas itu menjadi lebih parah, belum lagi dengan kondisi-kondisi fisik lain, biasanya stress itu bisa membuat orang lalai dengan kesehatan fisiknya.

Misalnya jika besok ada deadline mereka jadi mengorbankan waktu tidur malam,  atau jika sedang mengurus tugas penting mereka rela menunda  waktu untuk makan, padahal hal semacam tersebut bisa makin memperparah dari rasa kecemasan atau overthinking yang dialami.

Jadi bagi anda yang sering merasa stress, mulailah untuk mencoba pelan-pelan untuk mengelola rasa stress anda, misalnya dengan mengatasi langsung sumber stressnya atau paling tidak kelola diri anda agar tidak  larut tenggelam bersama rasa stress itu.

2. Yang Anda Konsumsi

Yang kami maksud yaitu apa yang berhubungan dengan apa yang dikonsumsi anda sehari-hari, misalnya anda mengkonsumsi kopi yang dimana dalam kopi tersebut terdapat kandungan cafein, dengan asupan cafeain yang banyak dan tidak terkendali bisa membuat seseorang makin memperparah rasa cemas.

Jadi untuk anda yang suka menyeduh kopi untuk menemani beraktivitas, pastikan anda mengatur kandungan cafein didalam kopi tersebut.

Setelah cafein, ada juga beberapa obat-obat tertentu yang bisa membuat seseorang menjadi cemas berlebihan, jika anda mengkonsumsi obat-obatan jenis tertentu dan membuat anda merasa cemas jangan sungkan untuk menghubungi dokter agar dibantu untuk dicarikan alternatif yang lain.

3. Pengaruh Lingkungan

Mungkin anda sudah faham, jika kondisi lingkungan disekeliling anda bisa sekali mempengaruhi kondisi kita, misalnya anda tidak terbiasa pergi ketempat yang dimana banyak sekali orang berkerumun atau berkumpul.

Jadi anda bisa merasa cemas secara berlebihan dengan banyaknya orang yang berkumpul ini, atau anda diminta untuk berbicara tepat didepan umum sementara anda belum pernah atau terbiasa melakukan hal tersebut.

Cara mengatasi jenis stress ini adalah mempersiapkan diri anda secara matang sebelum pergi ke lingkungan baru dan selain itu kembangkan juga cara mengelola rasa kecemasan anda ketika sedang berada di situasi seperti yang disinggung tadi, misalnya dengan teknik mindfulness atau teknik pernapasan tertentu untuk menenangkan diri.

4. Masalah Keuangan

Kekhawatiran ketika tidak mempunyai uang atau tabungan yang cukup untuk menyokong kehidupan anda atau tagihan yang datang mendadak adalah sumber kecemasan  yang wajar, oleh karenanya penting untuk memahami kondisi financial anda dengan baik dan belajar untuk mengelola diri ketika situasi ini muncul.

Setidaknya anda sudah lebih siap menghadapi hal ini dengan kepala yang lebih dingin dan rasional.

5. Pikiran Negatif

Emosi dan pikiran negatif yang sulit untuk dikontrol juga salah-satu alasan kenapa rasa cemas berlebihan ini bisa muncul, bisa  jadi yang lebih spesifik karena masa depan atau karena kombinasi dari empat point sebelumnya menjadi satu.

Walaupun di tahap tertentu pikiran negatif itu dibutuhkan dan bahkan baik untuk anda, namun seringkali pikiran negatif yang sulit dikendalikan atau terlalu fokus kepada pikiran negatif malah akan bisa membuat seseorang menjadi cemas.

Jadi, anda perlu untuk belajar untuk mengelola pikiran negatif itu tadi, dan cara untuk mengurangi hal tersebut sebenarnya agak mirip dengan point sebelumnya, misalnya mindfulness atau fokus terhadap apa yang anda lakukan sekarang terlebih dahulu.

Biasanya hal ini sangat berguna sekali untuk orang-orang yang memiliki rasa cemas yang berlebihan dan pikiran negatif soal masa depan

LihatTutupKomentar