Cara Mengatasi Sakit Kepala Saat Hamil

Di usia kandungan 1 2 3 4 5 6 7 8 atau 9 bulan mengalami sakit kepala? simak tips alami cara mengatasinya!
Mengatasi sakit kepala ibu hamil 1 2 3 4 5 6 7 8 9 bulan
Apakah saat sedang hamil anda pernah merasa sakit kepala sebelah, dan berdenyut seperti migrain atau sakit kepala yang terasa tegang? 

Namun faktanya, hal tersebut cukup umum dialami oleh ibu hamil, faktornya bisa karena adanya perubahan hormon yang terjadi, pengaruh stres yang dialami, atau bisa juga pengaruh dari obat-obatan yang bumil konsumsi. Tapi jika sakit kepala yang terus-menerus dan mengganggu aktivitas sehari-hari, bumil bisa mencoba ikuti beberapa cara alami untuk mengurangi rasa sakit kepala dan cara ini bisa dilakukan dirumah, simak artikel ini sampai selesai.

Mungkin ada banyak ibu hamil yang mengeluh sering sakit kepala sejak hamil, dan bertanya-tanya, kenapa keluhan tersebut muncul ? Namun hingga kini penyebab hal tersebut masih perlu diteliti lebih lanjut, meski begitu meningkatnya produksi dan aliran darah di awal masa kehamilan diduga bisa menjadi salah satu pemicunya.

Selain itu ada juga ada beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan ibu hamil menjadi lebih sering sakit kepala seperti kurang istirahat, stres, depresi, Kelaparan, dehidrasi, kelelahan alergi dan gangguan sinus.

Maka dari itu karena sakit kepala akan lebih mungkin terjadi saat hamil, sebagai perempuan mungkin akan merasakan sakit kepala yang lebih buruk jika sudah sering mengalami sakit kepala sejak sebelum hamil.

Dikutip dari halaman Alodokter, berikut adalah tips yang bisa dilakukan untuk membantu meringankan sakit kepala yang ibu hamil alami. 

Cara Membantu meringankan Sakit Kepala Saat Sedang Hamil


Ada beberapa cara untuk meredakan sakit kepala saat anda sedang hamil, berikut adalah cara-caranya: 

1. Beristirahat

  • yang pertama yaitu luangkan untuk istirahat ketika kepala sudah terasa berat atau bisa juga tegang sebaiknya stop terlebih dahulu aktivitas yang sedang bumil lakukan, dan cari tempat yang nyaman untuk kemudian coba panjangkan mata supaya tubuh dan kepala terasa lebih rileks.

2. Dipijat

  • Yang kedua berikan pijatan lembut pada bagian kepala, ataupun bumil meminta tolong pada ayah atau pada orang lain yang tinggal serumah untuk bantu memijat kepala leher dan dengan lembut mengurangi ketegangan yang dirasakan pada kepala.

3. Kompres Menggukan Handuk

  • Untuk yang ketiga lakukan kompres pada wajah anda dengan handuk yang telah direndam air panas, lalu bisa juga kompres bagian belakang leher dengan handuk yang dingin.

Selain dengan ketiganya cara tadi, bumil juga dianjurkan buat rutin melakukan aktivitas fisik atau olahraga ringan yang aman dan menyenangkan untuk ibu hamil boleh Yoga hamil atau sekadar jalan kaki selama 15 sampai 20 menit per harinya cukup untuk membantu melancarkan peredaran darah di tubuh.

Dan jangan lupa juga melakukan peregangan tubuh agar otot-otot lebih lemas dan lentur, namun pada ibu hamil dengan kondisi tertentu ada baiknya konsultasi terlebih dahulu kepada dokter kandungan sebelum melakukan olahraga apapun agar lebih aman. 

Jika memang sakit kepala yang terasa mengganggu sekali, bumil boleh mengkonsumsi obat pereda nyeri, misalnya Paracetamol atau obat pereda nyeri lainnya tapi harus sesuai dengan dosis yang dianjurkan dan direkomendasi oleh dokter.

Dan jika sakit kepala yang dirasakan sudah mereda, bumil bisa coba melakukan berbagai langkah pencegahan agar sakit kepalanya tidak kambuh kembali di kemudian hari, berikut kami rangkumkan langkah pencegahanya. 

Cara Mencegah Sakit Kepala Saat Sedang Hamil

Langkah pencegahan ini bisa anda lakukan dengan hal-hal berikut ini: 
  1. Mengkonsumsi air putih setidaknya 10 gelas perhari
  2. Konsumsi makanan sehat yang bergizi seimbang
  3. Hindari dan kelola stres dengan baik Misalnya dengan melakukan latihan pernapasan menulis jurnal atau buku harian juga dengan membuat agenda dan mengatur jadwal atau skala prioritas 
  4. Berupaya mencukupi waktu tidur minimal Sampai 9 jam sehari, dan jika saat subuh-subuh sering terbangun karena mual, cobalah ganti kekurangan waktu istirahatnya dengan tidur siang.
  5.  Jangan mengonsumsi makanan yang bisa memicu sakit kepala misalnya makanan dengan rasa dan aroma yang terlalu kuat atau mengandung terlalu banyak penyedap rasa, makanan yang difermentasi pemanis buatan dan hindari juga benda-benda dengan bau yang menyengat, suara yang bising, cuaca panas atau dingin yang berlebihan.

Sakit Kepala Saat Hamil Yang Harus Diwaspadai

Setelah mengikuti cara-cara yang tadi disebutkan namun sakit kepalanya tidak kunjung reda dan malah makin parah apalagi jika diiringi dengan gejala lain seperti demam penglihatan buram, pingsan atau sakit kepalanya muncul atau semakin kuat dimasa akhir kehamilan, hal tersebut patut diwaspadai.

Jangan segan untuk segera konsultasi ke dokter, agar bisa dicari tahu penyebabnya dan diberikan penanganan yang sesuai.

Semoga dengan penjelasan diartikel ini, bumil jadi bisa mencegah dan mengatasi keluhan sakit kepala saat hamil, dan semoga ibu hamil diusia 1 2 3 4 5 6 7 8 maupun 9 bulan selalu tetap diberikan kesehatan ibu maupun bayinya. 

LihatTutupKomentar